Improving Quality Of Life

Visitor 16.027

Hits 509

Online 7

KATALOG KARYA
2011.1100 - 64.MIS
Berita - Technologi © 2011-06-06 : 02:22:37 (4708 hari 04:49:38 lalu)
The Power to be your best ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita
KRONOLOGIS KARYA » MENDIKNAS SIAPKAN RUMUSAN KURIKULUM PENDIDIKAN PANCASILA ± Berita - Technologi © MIS. Posted : 2011-06-06 : 02:22:37 (4708 hari 04:49:38 lalu) HITS : 2236 lyrict-lagu-pilihan-lama kumpulan puisi mutiarasukma21
RESENSI : NusaDua(ANTARA)-MenteriPendidikanNasionalMohammadNuhmengatakanpihaknyamasihmerumuskanpendidikanPancasilauntukdimasukkankurikulumpelajaransekolahsesuaiintruksiPresidenSusiloBambang
Nusa Dua (ANTARA) - Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan pihaknya masih merumuskan pendidikan Pancasila untuk dimasukkan kurikulum pelajaran sekolah sesuai intruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam upaya pembangunan karakter siswa.


"Perumusan pendidikan Pancasila itu kami lakukan sebagai bagian dari peninjauan ulang kurikulum dalam pembentukan karakter siswa," kata Mendiknas Nuh usai pembukaan acara "System Assesment and Benchmarking for Education Results (SABER), di Nusa Dua, Bali, Minggu.


Dia mengatakan, pembentukan karakter siswa itu sebagaimana diamanatkan Presiden itu dilakukan supaya peserta didik itu tidak hanya meningkatkan kemampuan dalam pengetahuan namun juga dalam perilaku dan budi pekerti.


Untuk membentuk dan menumbuhkan pendidikan karakter itu ada tiga tahapan yang harus dilalui. Pertama, menumbuhkan kesadaran peserta didik bahwa semua manusia itu sama derajatnya sebagai ciptaan Tuhan.


Kemudian yang berkaitan dengan pendidikan nilai Pancasila adalah menanamkan rasa cinta terhadap Tanah Air. Salah satu cara untuk menumbuhkan kecintaan itu dengan membangun kebanggaan generasi muda melalui prestasi yang membanggakan.


"Saat ini mata pelajaran yang masih ada berkaitan dengan nilai Pancasila adalah Pendidikan Kewarganegaraan sesuai dengan kurikulum 2006," ujarnya.


Mohammad Nuh menjelaskan, sebelumnya mata pelajaran itu dinamakan PPKN namun karena adanya Undang-Undang Sisdiknas tahun 2003 berubah menjadi yang sekarang digunakan.


Sampai sekarang belum ada perubahan nama mata pelajaran, karena butuh waktu yang cukup lama.


"Minimal butuh waktu setahun untuk kembali mengganti nama mata pelajaran dari PKN menjadi mata pelajaran yang berisikan nilai-nilai Pancasila secara khusus," katanya.


Dia menjelaskan, alasan dibutuhkannya waktu untuk merubah PKN ke mata pelajaran yang sedang dibahas tersebut, sebab perlu disiapkan buku baru yang seusai.


"Pergantian nama pada tahun ajaran 2011/2012 tidak memungkinkan, paling tidak diselipkan Pancasila dalam PKN," ujarnya.


Saat ini Kementerian Pendidikan Nasional sedang membentuk tim untuk merumuskan mata pelajaran yang sedang dibahas itu yang melibatkan pusat-pusat studi Pancasila dan Budaya di universitas.

Share


Jawa, 2011-06-06 : 02:22:37
Salam Hormat
MIS Mutiara Sukma

MIS Mutiara Sukma mulai gabung sejak tepatnya Minggu, 2011-04-24 21:23:51. MIS Mutiara Sukma dilahirkan di Bandung mempunyai motto Jadikan diri sebagai haadiah bagi kebaikan untuk sesama.
Berita : 242 Karya
Resensi : 30 Karya
Opini : 33 Karya
Puisi : 81 Karya
Cerita Pendek : 6 Karya
Sejarah : 2 Karya
Cerita Bersambung : 3 Karya
Laporan : 15 Karya
Prosa : 3 Karya
Biografi : 12 Karya
Wacana : 2 Karya
Filsafat : 48 Karya
Kisah Nyata khusus Privacy : 4 Karya
Pantun : 1 Karya
: 4 Karya
Lyrict : 1 Karya
Surat dari Hati : 68 Karya
Kisah Nyata non Privacy : 1 Karya
Total : 556 Karya Tulis


DAFTAR KARYA TULIS MIS Mutiara Sukma


Isi Komentar Mendiknas Siapkan Rumusan Kurikulum Pendidikan Pancasila 1100
Nama / NameEmail
Komentar / Comment
BACK




ATAU berikan Komentar mu untuk karya Mendiknas Siapkan Rumusan Kurikulum Pendidikan Pancasila 1100 di Facebook



Terimakasih
KASTIL CINTA KU ,



CORNER KASTIL CINTAKU Mutiara Sukma
Kemarin tinggal sejarah. Esok hanya sebuah fatamorgana. Hari ini adalah nyata.
MIS Mutiara Sukma : Dian Tandri | Suryantie | Ade Suryani | Arum Banjar Sarie | Ambar Wati Suci | Chintia Nur Cahyanti