Improving Quality Of Life

Visitor 14.935

Hits 489

Online 7

KATALOG KARYA
2011.2101 - 100.BAI
- © 2011-08-27 : 13:10:54 (4597 hari 08:26:30 lalu)
The Power to be your best ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita
KRONOLOGIS KARYA » MUDIK BERKAH BERNILAI IBADAH: BEGINI ETIKA BEPERGIAN ALA RASULULLAH ± - © baihay. Posted : 2011-08-27 : 13:10:54 (4597 hari 08:26:30 lalu) HITS : 947 lyrict-lagu-pilihan-lama kumpulan puisi mutiarasukma17
RESENSI : http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah
Jumat,26Agustus201103:00WIB
OlehAhmadNurarifin


Takterasalebarantinggalmenghitunghari.TradisiumatMuslimIndonesia,adalah'menggenapkan'Ramadhan
http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah
Jumat, 26 Agustus 2011 03:00 WIB
Oleh Ahmad Nurarifin


Tak terasa lebaran tinggal menghitung hari. Tradisi umat Muslim Indonesia, adalah 'menggenapkan' Ramadhan dengan mudik; kembali ke kampung halaman untuk bersilaturahim dengan keluarga dan handai taulan.
Mudik mempunyai makna sebagai salah satu wujud rasa cinta-kasih pada keluarga di rumah/kampung halaman. Setidaknya setahun sekali, tali silaturahim kembali dijalin. Menjalin silaturahim, adalah anjuran dalam Islam.
Sudah selayaknya bagi pemudik yang notabene adalah pemeluk agama Islam mengambil contoh cara bepergian yang dilakukan sumber panutannya, Rasulullah SAW. Ada beberapa catatanpenting mengenai bagaimana etika/akhlak Rasulullah ketika bepergian.
1. Berangkat pada hari Senin dan Kamis pada waktu Dhuha
Dalam buku Rasulullah, Manusia Tanpa Cela , dijelaskan, apabila hendak pergi menuju tempat yang jauh, Rasulullah SAW selalu memilih hari Senin atau Kamis, dan lebih dianjurkan pada hari kamis. Hal ini sesuai hadist beliau, Dari Ka’bbin Malik Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, "Sesungguhnya Rasulullah pergi menuju perang Tabuk pada hari Kamis, dan Beliau menyukai bepergian pada hari Kamis.” (Muttafaqqun ‘alaih)
2. Membaca doa ketika menaiki kendaraan
Dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhu, sesungguhnya jika Rasulullah menaiki kendaraan ketika hendak bepergian, Beliau bertakbir sebanyaktiga kali, kemudian berdoa: “Maha Suci Dzat yang telah menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami dahulu tidak mampumenguasainya. Dan sesungguhnya kepada Rabb kamilah, kami akan kembali. Ya, Allah! Kami mohon kepada-Mu dalam perjalanan kami ini kebajikan dan takwa, serta amal yang Engkau ridhai.Ya, Allah! Mudahkanlah perjalanan kami ini, serta dekatkanlah jarak perjalanan kami. Ya, Allah! Engkaulah teman dalam perjalanan, dan penjaga keluarga yang kami tinggal.
3. Disunnahkan tidak sendirian dan memilih ketua rombongan
Dari Amr bin Syu’aib dari ayahnya darikakeknya Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, "Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,”Orang yang bepergian sendirian adalah (bersama) setan. Dan orang yang bepergian berdua adalah (bersama) dua sethan.Sedangkan orang yang berpergian bertiga adalah rombongan musafir (yang tidak dihampiri setan).” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi dan Nasa’i, dengan sanad-sanad yang shahih)
4. Disunnahkan memperbanyak doa, karena pada saat itu doa dikabulkan
Dari Abu HurairahRadhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullahbersabda,”Tiga jenis doa yang dikabulkan dan tidak diragukanlagi, (yaitu) doa orang yang dizhalimi, doa orang yang bepergiandan orang tua (ayah) yang mendoakan (kejelekan) atas anaknya.” (HR Abu DawuddanTirmidzi, Hasan)
5. Disunnahkan shalat dua rakaat di masjid terdekat sebelum mendatangi rumah
Dari Ka’ab bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, bahwasannya jika Rasulullah datang dari perjalanan, Beliau mendatangi masjid dan shalat dua rakaat. (Muttafaqqun ‘alaih)
6. Wanita diharamkan bepergian tanpa disertai mahramnya
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah bersabda,”Tidak halal bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhir bepergian dalam jarak sehari semalam, kecuali disertai mahramnya.” (Muttafaqqun ‘alaih).

Share


Jawa Barat, 2011-08-27 : 13:10:54
Salam Hormat
Abi Baihaqy Jayesh

Abi Baihaqy Jayesh mulai gabung sejak tepatnya Kamis, 2011-06-23 18:22:21. Abi Baihaqy Jayesh dilahirkan di Kulonprogo mempunyai motto Selalu besyukur di setiap keadaan, antusias di setiap sktivitas, tatap dunia dengan penuh hangat dalam senyuman
Puisi : 72 Karya
: 4 Karya
Berita : 3 Karya
Opini : 2 Karya
Surat dari Hati : 4 Karya
Total : 85 Karya Tulis


DAFTAR KARYA TULIS Abi Baihaqy Jayesh


Isi Komentar Mudik Berkah Bernilai Ibadah: Begini Etika Bepergian ala Rasulullah 2101
Nama / NameEmail
Komentar / Comment
BACK




ATAU berikan Komentar mu untuk karya Mudik Berkah Bernilai Ibadah: Begini Etika Bepergian ala Rasulullah 2101 di Facebook



Terimakasih
KASTIL CINTA KU ,



CORNER KASTIL CINTAKU Mutiara Sukma
Kekuatan terhebat yang dimiliki seseorang adalah kekuatan untuk memilih.
MIS Mutiara Sukma : Dian Tandri | Suryantie | Ade Suryani | Arum Banjar Sarie | Ambar Wati Suci | Chintia Nur Cahyanti