Improving Quality Of Life

Visitor 15.792

Hits 1099

Online 4

KATALOG KARYA
2011.2541 - 145.MIM
Resensi - Technologi © 2011-10-12 : 19:35:47 (4573 hari 03:13:49 lalu)
The Power to be your best ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita
KRONOLOGIS KARYA » KEKUASAAN DAN KEPEMIMPINAN ± Resensi - Technologi © Mimi. Posted : 2011-10-12 : 19:35:47 (4573 hari 03:13:49 lalu) HITS : 2845 lyrict-lagu-pilihan-lama () kumpulan puisi mutiarasukma27
RESENSI : Hubungan pemimpin dan kekuasaan adalah ibarat gula dengan manisnya, ibarat garam dengan asinnya. Dua-duanya tak terpisahkan.
Hubungan pemimpin dan kekuasaan adalah ibarat gula dengan manisnya, ibarat garam dengan asinnya. Dua-duanya tak terpisahkan. 
Kepemimpinan yang efektif (effective leadership) terealisasi pada saat seorang pemimpin dengan kekuasaannya mampu menggugah pengikutnya untuk mencapai kinerja yang memuaskan. Ketika kekuasaan ternyata bisa timbul tidak hanya dari satu sumber, kepemimpinan yang efektif bisa dianalogikan sebagai movement untuk memanfaatkan genesis (asal usul) kekuasaan, dan menerapkannya pada tempat yang tepat.

Genesis kekuasaan, atau dalam terminologi lain: “jenis-jenis kekuasaan - types of power” (Robbins-1991), atau “basis-basis kekuasaan sosial - the bases of social power” (French-1960), pada hakekatnya teridentifikasi  lima hal, yaitu : legitimate power, coercive power, reward power, expert power, dan referent power.

Legitimate Power.--  Legitimate Power atau Kekuatan Syah, yakni kekuasaan yang dimiliki seorang pemimpin sebagai hasil dari posisinya dalam suatu organisasi atau lembaga. Kekuasaan yang memberi otoritas atau wewenang (authority) kepada seorang pemimpin untuk memberi perintah, yang harus didengar dan dipatuhi oleh anak buahnya. Bisa berupa kekuasaan seorang jenderal terhadap para prajuritnya, seorang kepala sekolah terhadap guru-guru yang dipimpinnya, ataupun seorang pemimpin perusahaan terhadap karyawannya.

Coercive Power .-- Coercive Power atau kekuasan Paksa, yakni kekuasaan yang didasari karena kemampuan seorang pemimpin untuk memberi hukuman dan melakukan pengendalian. Yang dipimpin juga menyadari bahwa apabila dia tidak mematuhinya, akan ada efek negatif yang bisa timbul. Pemimpin yang bijak adalah yang bisa menggunakan kekuasaan ini dalam konotasi pendidikan dan arahan yang positif kepada anak buah. Bukan hanya karena rasa senang-tidak
senang, ataupun faktor-faktor subyektif lainnya.

Reward Power.-- Reward Power atau Kekuasaan Penghargaan, adalah kekuasaan untuk memberi keuntungan positif atau penghargaan kepada yang dipimpin. Tentu hal ini bisa terlaksana dalam konteks bahwa sang pemimpin mempunyai kemampuan dan sumberdaya untuk memberikan penghargaan kepada bawahan yang mengikuti arahan-arahannya.  Penghargaan bisa berupa pemberian hak otonomi atas suatu wilayah yang berprestasi, promosi jabatan, uang, pekerjaan yang lebih menantang, dsb.

 Expert Power.-- Expert Power atau Kekuasaan Kepakaran, yakni kekuasaan yang berdasarkan karena kepakaran dan kemampuan seseorang dalam suatu bidang tertentu, sehingga menyebabkan sang bawahan patuh karena percaya bahwa pemimpin mempunyai pengalaman, pengetahuan dan kemahiran konseptual dan teknikal. Kekuasaan ini akan terus berjalan dalam
kerangka sang pengikut memerlukan kepakarannya, dan akan hilang apabila sudah tidak memerlukannya. Kekuasaan kepakaran bisa terus eksis apabila ditunjang oleh referent power atau legitimate power.

Referent Power.-- Referent Power atau Kekuasaan Rujukan, yakni kekuasaan yang timbul karena karisma, karakteristik individu, keteladanan atau kepribadian yang menarik. Logika sederhana dari jenis kekuasaan ini adalah, apabila saya mengagumi dan memuja anda, maka anda dapat berkuasa atas saya.  Seorang pemimpin yang memiliki jiwa leadership adalah pemimpin yang dengan terampil mampu melakukan kombinasi dan improvisasi dalam menggunakan genesis kekuasaan yang berbeda untuk mempengaruhi perilaku bawahan dalam berbagai situasi. Inilah yang disebut  kepemimpinan yang efektif (effective leadership), dimana implementasinya adalah dengan "memanfaatkan genesis kekuasaan, dan menerapkannya pada tempat yang tepat”.


Share


, 2011-10-12 : 19:35:47
Salam Hormat
Mimi Juliati, SH.

Mimi Juliati, SH. mulai gabung sejak tepatnya Rabu, 2011-10-12 19:15:32. Mimi Juliati, SH. mempunyai motto
Resensi : 1 Karya
Total : 1 Karya Tulis


DAFTAR KARYA TULIS Mimi Juliati, SH.


Isi Komentar KEKUASAAN DAN KEPEMIMPINAN 2541
Nama / NameEmail
Komentar / Comment
BACK




ATAU berikan Komentar mu untuk karya KEKUASAAN DAN KEPEMIMPINAN 2541 di Facebook



Terimakasih
KASTIL CINTA KU ,



CORNER KASTIL CINTAKU Mutiara Sukma
Setiap kegagalan membawa satu benih kesuksesan.
MIS Mutiara Sukma : Dian Tandri | Suryantie | Ade Suryani | Arum Banjar Sarie | Ambar Wati Suci | Chintia Nur Cahyanti