Improving Quality Of Life

Visitor 16.031

Hits 588

Online 4

KATALOG KARYA
2011.2599 - 134.FAD
Berita - Tokoh © 2011-10-16 : 21:49:13 (4576 hari -13:29:56 lalu)
The Power to be your best ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita
KRONOLOGIS KARYA » SOSOK DR. (HC). H. INCE LANGKE IA, S.PD, MM.PUB ± Berita - Tokoh © fadly. Posted : 2011-10-16 : 21:49:13 (4576 hari -13:29:56 lalu) HITS : 3410 lyrict-lagu-pilihan-lama () kumpulan puisi mutiarasukma29
RESENSI : DalameraTeknologidanInformasidewasaini,perananlistrikmenjadivitaldalammemobilisasiproduktivitasmasyarakat. Namunsayang,nyatanyadalamkemegahankota-kotabesarnyatanyamasihada
Dalam era Teknologi dan Informasi dewasa ini, peranan listrik menjadi vital dalam memobilisasi produktivitas masyarakat.  Namun sayang, nyatanya dalam kemegahan kota-kota besar nyatanya masih ada daerah yang sama sekali belum menikmati listrik.
Sungguh dapat dibayangkan, bagaimana ketertinggalan suatu daerah tersebut dengan tanpa listrik. Informasi akan sangat terbatas sehingga ketimpangan akan semakin lebar di negeri yang kaya raya ini. Ironis memang, tapi inilah fakta.
Sebut saja Desa Menara Indah, atau yang lebih dikenal dengan Pulau Pasi, Kecamatan Bontomate’ne, Sulawesi Selatan.  Desa ini, terletak di daerah kepulauan yang susah diakses karena persoalan gelombang pasang yg tak pernah lepas mengelilingi pulau.  Daerahnya terdiri atas bebatuan tajam yang kira-kira bisa merobek sepatu serta bertebing dan hanya ditumbuhi pohon nyiur.  Kehidupan masyarakat sangat tergantung dari hasil melaut sehingga rata-rata ibu rumah tangga bekerja mengolah ikan kering yang selanjutnya, dijual ke pasar kabupaten yang jaraknya kurang lebih 2 (dua) jam perjalanan perahu motor dengan ongkos kurang lebih Rp. 20,000.00.
Selama ini penerangan masyarakat mengandalkan lampu minyak tanah yg terbuat dari kaleng bekas cat, susu, ataupun botol-botol minuman, serta ada yang sebagian menggunakan petromax. Oleh karena itu, kehadiran GENZET sebagai sumber LISTRIK akan sangat berarti bagi desa ini.  Setidaknya, bukan untuk mengejar ketingggalan dengan kota lain tetapi setidaknya dapat mengubah rona wajah desa diantara gemerlapnya kota-kota besar di tanah air.  Listrik ini akan menyala pada Tanggal 20 Oktober 2011 Kamis minggu ini.

Terpilihnya, figur Dr. (HC). H. Ince Langke IA, S.Pd. MM.Pub sebagai anggota legislator, Provinsi Sulawesi-Selatan untuk daerah pemilihan, Kabupaten Kepulauan Selayar, Bulukumba, Bantaeng dan Kabupaten Sinjai, sedikit  banyak telah mampu memberikan warna  perubahan bagi kelangsungan hidup masyarakat pada empat wilayah kabupaten, di bagian selatan Provinsi Sulawesi-Selatan tersebut.

Perubahan paling berarti dirasakan masyarakat di empat kecamatan daratan, Kabupaten Kepulauan Selayar yang pada proses penyusunan anggaran pembangunan dan belanja daerah Provinsi Sulawesi-Selatan tahun 2011 ini, kembali kecipratan jatah anggaran pembangunan proyek-proyek fisik kebutuhan dasar masyarakat.

Proyek-proyek tersebut diantaranya : proyek pengadaan mesin genzet 50 KVA untuk memenuhi kebutuhan penerangan listrik masyarakat Desa Menara Indah, Kecamatan Bontomate’ne. berikut, proyek pembangunan jalan rabat beton Pasar Parangia, Desa Tanete, Kecamatan Bontomate’ne.

Proyek  lain yang perampungannya dijadwalkan akan berlangsung pada bulan Desember 2011 mendatang  masing-masing dialokasikan di dua kecamatan, dibagian utara dan selatan Kabupaten Kepulauan Selayar.

 Diantaranya : pembangunan fasilitas air bersih, Dusun Tanabau Tenro, Desa Bontolempangan, Kecamatan Buki, proyek pembangunan bak induk penampungan air bersih di  Dusun Karajaang, Desa Polebunging. Kecamatan Bontomanai, pembangunan cekdam, untuk sektor pertanian, di Dusun Kaburu, Desa Jambuiya, Kecamatan Bontomanai dan pembangunan  jalan lingkungan Dusun Bontomarannu, Desa Bontomarannu, Kecamatan Bontomanai.

Anggaran serupa,  juga ikut dialokasikan di Kecamatan Bontosikuyu untuk merampungkan sejumlah proyek fisik yang digolkan melalui pembahasan APBD Provinsi Sulawesi-Selatan tahun anggaran 2011.

Seperti :  pembangunan jalan lingkungan Dusun, Galung Desa Harapan, pembangunan drainase Dusun Galung Desa Harapan, pembangunan jalan lingkungan, Dusun Pariangan, Desa Harapan, dan poyek pembangunan jalan lingkungan Desa Polassi, Kecamatan Bontosikuyu.

Pada tahun anggaran yang sama, DPRD Provinsi Sulsel juga telah mengucurkan anggaran penyusunan Dokumen Perencanaan DED Pemukiman sederhana Sehat, Desa Appatana, Kecamatan Bontosikuyu yang akan menjadi kerangka acuan penganggaran pembangunan pemukiman layak huni bagi masyarakat terpencil di pedalaman Kabupaten Kepulauan Selayar.

Selebihnya, merupakan proyek pelebaran jalan poros  Baloiya,  dan pembangunan jalan alternatif beraspal hotmix untuk ruas Bandar Udara H. Aroeppala, Desa Bontosunggu, Kecamatan Bontoharu, dan pengalokasian anggaran penyusunan dokumen perencanaan DED Pemukiman sederhana dan sehat Dusun Tanabau, Desa Bontotangnga, Kecamatan Bontoharu, serta anggaran pengadaan sapi senilai kurang lebih Rp. 350 juta.

“Ince Langke menandaskan, “pengalokasian anggaran proyek ini didasarkan pada penyampaian aspirasi yang diterima anggota DPRD Provinsi Sulawesi-Selatan, saat melakukan kunjungan  reses, dan temu konstituen, di lima kecamatan daratan,  Kabupaten Kepulauan Selayar, beberapa waktu lalu”.

Dikatakannya, segala bentuk perjuangan akan dilakukannya melalui DPRD Provinsi, sepanjang Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, belum mampu memenuhi tuntutan kebutuhan rakyat Bumi Tanadoang secara umum.

Terkait pengelolaan dana APBD kabupaten, dengan nada kelakar Ince mengungkapkan,  “silahkan tanyakan langsung kepada pemangku kebijakan di Selayar”, tandasnya mengakhiri perbincangan dengan media ini.(*)

Share


Sulawesi-Selatan, 2011-10-16 : 21:49:13
Salam Hormat
Fadly Sang Jurnalis

Fadly Sang Jurnalis mulai gabung sejak tepatnya Senin, 2011-10-03 12:12:28. Fadly Sang Jurnalis dilahirkan di Bulukumba mempunyai motto MERAH PUTIH JIWA RAGA KU
Berita : 85 Karya
Puisi : 8 Karya
Laporan : 2 Karya
Cerita Bersambung : 4 Karya
Total : 99 Karya Tulis


DAFTAR KARYA TULIS Fadly Sang Jurnalis


Isi Komentar Sosok DR. (HC). H. Ince Langke IA, S.Pd, MM.Pub 2599
Nama / NameEmail
Komentar / Comment
BACK




ATAU berikan Komentar mu untuk karya Sosok DR. (HC). H. Ince Langke IA, S.Pd, MM.Pub 2599 di Facebook



Terimakasih
KASTIL CINTA KU ,



CORNER KASTIL CINTAKU Mutiara Sukma
Saya selalu mencoba untuk merubah setiap bencana menjadi sebuah kesempatan.
MIS Mutiara Sukma : Dian Tandri | Suryantie | Ade Suryani | Arum Banjar Sarie | Ambar Wati Suci | Chintia Nur Cahyanti