Improving Quality Of Life

Visitor 16.024

Hits 448

Online 5

KATALOG KARYA
2012.3482 - 16.AYU
Resensi - Ilmiah © 2012-03-08 : 04:30:18 (4432 hari 01:56:35 lalu)
The Power to be your best ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita
KRONOLOGIS KARYA » HAKIKAT SASTRA ± Resensi - Ilmiah © Ayu. Posted : 2012-03-08 : 04:30:18 (4432 hari 01:56:35 lalu) HITS : 4068 lyrict-lagu-pilihan-lama ()
RESENSI : Sastra dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, dinyatakan bahwa Sastra merupakan bahasa serapan dari Bahasa Sanskerta yaitu शास्त्र, shastra berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar śās- yang berarti "instruksi" atau "ajaran". Dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada "kesusastraan" atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu.
Sastra dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, dinyatakan bahwa Sastra merupakan bahasa serapan dari Bahasa Sanskerta yaitu शास्त्र, shastra berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar śās- yang berarti "instruksi" atau "ajaran". Dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada "kesusastraan" atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu.

Dalam kesusastraan terdapat dua segmentasi yaitu sastra yang lebih mengacu sesuai defenisinya sebagai sekedar teks dan sastrawi lebih mengarah pada sastra yang kental nuansa puitis atau abstraknya. Istilah sastrawan adalah salah satu contohnya, diartikan sebagai orang yang menggeluti sastrawi, bukan sastra.

Sastra terdiri dari sastra tertulis dan sastra lisan (sastra oral) yang banyak berhubungan dengan bahasa yang dijadikan wahana untuk mengekspresikan pengalaman atau pemikiran tertentu dengan kategori : Novel, Cerita/cerpen (tertulis/lisan), Syair, Pantun, Sandiwara/drama, Lukisan/kaligrafi.

Pengertian sastra.-- Sumarno dan Saini menyatakan sastra sebagai ungkapan pribadi manusia berupa pengalaman, pemikiran, perasaan, gagasan, semangat, keyakinan, dalam suatu bentuk gambaran kongkret yang membangkitkan pesona dengan alat-alat bahasa sementara Mursal Esten, menyatakan sastra atau kesusastraan adalah pengungkapan dari fakta artistik dan imajinatif sebagai manifestasi kehidupan manusia (dan masyarakat) melalui bahasa sebagai medium dan punya efek yang positif terhadap kehidupan manusia (kemanusiaan).

Sastra merupakan "karya tulisan yang halus" (belle letters) yaitu karya yang mencatatkan bentuk bahasa harian dalam berbagai cara dengan bahasa yang dipadatkan, didalamkan, dibelitkan, dipanjangtipiskan dan diterbalikkan dijadikan ganjil (Engleton).  Kegiatan ini mempergunakan bahasa dan garis simbol-simbol lain sebagai alat dan bersifat imajinatif (Ahmad Badrun), kreatif yang objeknya manusia dan kehidupannya (Semi) dengan ciri keunggulan keorisinalan, keartistikan, keindahan dalam isi, dan ungkapannya (Panuti Sudjiman).

Sastra ini merupakan seni bahasa dengan ungkapan spontan dari perasaan yang mendalam, ekspresi pikiran, inspirasi kehidupan yang dimateraikan dalam sebuah bentuk keindahan, buku yang memuat perasaan kemanusiaan yang benar dan kebenaran moral dengan sentuhan kesucian, keluasan pandangan dan bentuk yang mempesona (Sumardjo dan Sumaini), dapat sebagai sesuatu yang imajinatif, fiktif dan inventif  juga harus melayani misi-misi yang dapat dipertanggungjawabkan (Suyitno).  Oleh karena itu, sastra merupakan obyek bagi pengarang dalam mengungkapkan gejolak emosinya, misalnya perasaan sedih,kecewa, senang dan lain sebagainya (Tarigan) yang mampu memberi gambaran kehidupan, dan kehidupan itu sendiri sebagai suatu kenyataan sosial mencakup hubungan antar masyarakat, antar masyarakat dengan orang-seorang, antar manusia, dan antar peristiwa yang terjadi dalam batin seseorang (Damono)

Share


Jl. Ry Kopo 34, 2012-03-08 : 04:30:18
Salam Hormat
Ayu Lestari Dwi

Ayu Lestari Dwi mulai gabung sejak tepatnya Minggu, 2010-11-28 08:09:24. Ayu Lestari Dwi mempunyai motto Jika kita enggan melakukan hal yang kecil manamungkin kita dapat melakukan tugas yang besar
Berita : 156 Karya
Puisi : 81 Karya
Novel : 2 Karya
Cerita Pendek : 3 Karya
Lyrict : 6 Karya
Filsafat : 19 Karya
Cerita Bersambung : 1 Karya
Laporan : 3 Karya
Opini : 10 Karya
Surat dari Hati : 79 Karya
Sejarah : 2 Karya
Sajak : 1 Karya
Biografi : 3 Karya
Pantun : 2 Karya
Resensi : 6 Karya
Surat Cinta : 2 Karya
Total : 376 Karya Tulis


DAFTAR KARYA TULIS Ayu Lestari Dwi


Isi Komentar HAKIKAT SASTRA 3482
Nama / NameEmail
Komentar / Comment
BACK




ATAU berikan Komentar mu untuk karya HAKIKAT SASTRA 3482 di Facebook



Terimakasih
KASTIL CINTA KU ,



CORNER KASTIL CINTAKU Mutiara Sukma
Jalan yang sejauh apapun, selangkah demi selangkah pasti akan sampai di tujuan. Jalan yang sedekat apapun, jika tidak pernah melangkah, maka selama-lamanya tidak pernah akan mencapai tujuannya
MIS Mutiara Sukma : Dian Tandri | Suryantie | Ade Suryani | Arum Banjar Sarie | Ambar Wati Suci | Chintia Nur Cahyanti