Improving Quality Of Life

Visitor 16.084

Hits 253

Online 2

KATALOG KARYA
2012.3872 - 63.NAT
Filsafat - Keimanan © 2012-07-09 : 03:51:00 (4310 hari 00:49:33 lalu)
The Power to be your best ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita
KRONOLOGIS KARYA » TAK ADA YANG MUSTAHIL ± Filsafat - Keimanan © Nata. Posted : 2012-07-09 : 03:51:00 (4310 hari 00:49:33 lalu) HITS : 1373 lyrict-lagu-pilihan-lama Damai Bumi Ku Acha (1831) kumpulan puisi mutiarasukma19
RESENSI : semua peristiwa, kejadian dan keadaan yang telah dan yang akan kita hadapi, semuanya di dalam genggaman, pengamatan dan kekuasaan Allah, yang tidak terbelenggu, tidak diikat dan tidak dibatasi oleh sekat ruang dan waktu.
“Berdo`alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu..” (QS Al-Mu’min 60)

"apakah takdir tidak bisa kita ubah (dengan seizin Tuhan) ??? "Sungguh, suatu kaum akan ditimpa azab oleh Allah sebagai suatu ketetapan yang pasti. Namun, kemudian seorang anak di antara mereka membaca, "Alhamdulillahi Rabbil Alamin." Ucapan itu didengar Allah dan Dia mengangkat azab-Nya dari mereka karena bacaan itu selama 40 tahun. (Fakhruddin Ar Razi)

Acap kali kita berkeluh kesah, koq aku sudah beribadah dengan sungguh-sungguh shalat, puasa, tapi koq tetap saja miskin, fakir, dan tidak memiliki apa-apa seperti halnya orang lain. Ah ... mungkin inilah yang sudah ditakdirkan oleh Allah untukku. Dan mungkin Allah memang sudah menetapkan nasibku seperti ini. Padahal kita tahu bahwa mempercayai qada dan qadar adalah rukun iman yang paling terakhir, hukumnya wajib dipercayai, diyakini dan diamalkan dengan sebenar-benarnya.

Ada suatu ilustrasi dari kisah berikut, suatu hari malaikat Izra`il - malaikat pencabut nyawa, memberi kabar kepada Nabi Daud bahwa si Fulan minggu depan akan dicabut nyawanya. Namun ternyata setelah satu minggu nyawa si Fulan belum juga dicabut sehingga Nabi Daud bertanya, mengapa si Fulan belum meninggal juga, sementara engkau katakan minggu lalu bahwa minggu depan kamu akan mencabut nyawanya. Izra`il menjawab, "ya betul saya berjanji akan mencabut nyawanya, tapi ketika sampai masa pencabutan nyawa, Allah memberi perintah kepadaku untuk menangguhkannya dan membiarkan ia hidup lagi untuk 30 tahun mendatang, Nabi Daud bertanya, mengapa demikian? Jawab Izra`il: orang tersebut sangat taat beribadah, ahli munajat, gemar berbuat kebaikan, dan sangat penyayang kepada keluarganya. Boleh jadi, karena amal saleh dan doa-doanyalah, Allah berkenan menunda kematian sang Pemuda hingga tiga puluh tahun lamanya.

Jadi semua peristiwa, kejadian dan keadaan yang telah dan yang akan kita hadapi, semuanya di dalam genggaman, pengamatan dan kekuasaan Allah, yang tidak terbelenggu, tidak diikat dan tidak dibatasi oleh sekat ruang dan waktu.
Memang takdir ada yang boleh berubah dan ada yang tidak akan berubah, yang boleh berubah dikenal dengan istilah Qada Mu’allaq, yaitu takdir yang bergantung dan bersayarat, sementara takdir yang tidak akan berubah dinamakan sebagai Qada Mubram, yaitu takdir yang pasti berlaku pada diri seseorang.
Lantas mengapa kita tidak berusaha mengubah takdir kita (nasib) yang mu’allaq dengan berusaha melakukan aksi terhadap apa saja yang diinginkan terjadi perubahan atas diri kita?; Ikhtiar diiringi do’a, bermunajat memanjatkan harapan kepada Allah terhadap maksud yang diinginkan kepada-Nya dan Tawakkal, yaitu menunggu keputusan, hasil daripada ikhtiar dan doa yang diminta.

Selesai ikhtiar dijalankan, iringi dengan doa maka kita tinggal menunggu ketentuan Allah yang disebut dengan (takdir). Dan untuk menambahkan keyakinan kita terhadap perubahan takdir mu’allaq, kita renungi ayat di bawah ini:
"Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan (apa yang Dia kehendaki), dan disisi-Nya-lah terdapat Ummul-Kitab (Lauh Mahfuzh)”. Ketika desah nafas kita merangkai raga, jangan kita lelah berikhtiar dengan meningkatkan amal kebaikan sesuai tuntunan Al-Qur'an dan sunah diiringi doa yang kita mohonkan kepada-Nya, InsyaAllah Dia membukakan jalan bagi kita merengkuh keridhaan-Nya

Share


Sumatra, 2012-07-09 : 03:51:00
Salam Hormat
Nata Heriadi

Nata Heriadi mulai gabung sejak tepatnya Rabu, 2012-03-28 07:41:31. Nata Heriadi mempunyai motto
Filsafat : 31 Karya
Surat dari Hati : 1 Karya
Opini : 1 Karya
Resensi : 1 Karya
Total : 34 Karya Tulis


DAFTAR KARYA TULIS Nata Heriadi


Isi Komentar TAK ADA YANG MUSTAHIL 3872
Nama / NameEmail
Komentar / Comment
BACK




ATAU berikan Komentar mu untuk karya TAK ADA YANG MUSTAHIL 3872 di Facebook



Terimakasih
KASTIL CINTA KU ,



CORNER KASTIL CINTAKU Mutiara Sukma
Seseorang dicerminkan dari buah fikirannya.
MIS Mutiara Sukma : Dian Tandri | Suryantie | Ade Suryani | Arum Banjar Sarie | Ambar Wati Suci | Chintia Nur Cahyanti