Improving Quality Of Life

Visitor 14.987

Hits 644

Online 5

KATALOG KARYA
2012.3908 - 246.UNI
Berita - Rakyat © 2012-07-24 : 00:01:55 (4266 hari 12:30:25 lalu)
The Power to be your best ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita
KRONOLOGIS KARYA » PULUHAN KAMBING DI YOGYA DIMANGSA HEWAN BUAS ± Berita - Rakyat © uni. Posted : 2012-07-24 : 00:01:55 (4266 hari 12:30:25 lalu) HITS : 3809 lyrict-lagu-pilihan-lama Kau dan Aku Acha (2406) kumpulan puisi mutiarasukma0
RESENSI : Puluhan ternak kambing milik warga di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ditemukan mati. Dugaan kuat penyebabnya yakni dimangsa oleh hewan buas. Kejadian puluhan kambing mati mengenaskan itu telah berlangsung selama hampir satu pekan.
VIVAnews - Puluhan ternak kambing milik warga di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ditemukan mati. Dugaan kuat penyebabnya yakni dimangsa oleh hewan buas. Kejadian puluhan kambing mati mengenaskan itu telah berlangsung selama hampir satu pekan.
"Kalau dihitung sudah sekitar 30 ekor kambing milik peternak yang mati dimakan hewan buas," kata Sugiyanto, Kabag Pemerintahan Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY, Selasa 3 Juli 2012.

Serangan hewan buas ini diduga dilakukan oleh anjing liar. Ancaman ini sangat meresahkan warga. Sebab, kandang ternak kambing ditempatkan di ladang jauh dari rumah pemilik kambing. Sulit untuk terus-menerus mengawasi potensi serangan.

"Kami meningkatkan kewaspadaan dengan ronda, namun hewan buas itu tidak pernah tertangkap. Hewan buas itu seakan-akan tahu jika pemilik ternak sedang menunggui kandang ternak kambingnya," paparnya.

Hewan buas yang diduga anjing liar diduga bersembunyi di bukit, sehingga sulit untuk diburu. Ditambah lagi, hewan liar ini menyerang kambing saat malam hari atau menjelang dini hari.

"Kami menduga hewan buas itu menyerang secara berkelompok. Kambing yang mati tidak hanya anak kambing, tapi indukan juga mati diserang hewan buas itu," ujarnya.

Sugiyanto menyatakan, serangan hewan buas itu harus segera ditangani. Jika tidak, kerugian peternak akan semakin banyak.

"Bayangkan jika 1 ekor kambing dihargai di atas Rp700 ribu. Dikalikan saja (jumlah) kambing yang mati," tuturnya.

Kepala Dinas Peternakan, Kabupaten Gunung Kidul, Krisna Berlian, mengatakan, turunnya hewan buas tersebut disebabkan musim kemarau yang mengganggu siklus makanan.

"Musim kemarau menyebabkan umbi-umbian tidak ada, sehingga hewan pemakannya tidak ditemui. Akibatnya, predator turun ke pemukiman dan memangsa ternak milik penduduk," urainya.
Dinas Peternakan akan melakukan sosialisasi kepada warga. Jika dipandang perlu, mereka akan menggunakan obat-obatan guna membunuh hewan liar tersebut. Tapi, fenomena serangan hewan buas ini masih dalam kajian.

"Kami masih melakukan penelitian terhadap fenomena hewan liar memakan ternak kambing milik warga," ujar Krisna. (art)

Share


Jawa Tengah, 2012-07-24 : 00:01:55
Salam Hormat
Metamorfosis Anggrek Jingga

Metamorfosis Anggrek Jingga mulai gabung sejak tepatnya Kamis, 2012-03-29 19:12:53. Metamorfosis Anggrek Jingga mempunyai motto
Filsafat : 10 Karya
Puisi : 42 Karya
Berita : 18 Karya
Total : 70 Karya Tulis


DAFTAR KARYA TULIS Metamorfosis Anggrek Jingga


Isi Komentar Puluhan Kambing di Yogya Dimangsa Hewan Buas 3908
Nama / NameEmail
Komentar / Comment
BACK




ATAU berikan Komentar mu untuk karya Puluhan Kambing di Yogya Dimangsa Hewan Buas 3908 di Facebook



Terimakasih
KASTIL CINTA KU ,



CORNER KASTIL CINTAKU Mutiara Sukma
Setiap kesuksesan pasti berasal dari suatu permulaan. Berani memulai baru akan menemukan kesuksesan.
MIS Mutiara Sukma : Dian Tandri | Suryantie | Ade Suryani | Arum Banjar Sarie | Ambar Wati Suci | Chintia Nur Cahyanti