Improving Quality Of Life

Visitor 15.842

Hits 736

Online 5

KATALOG KARYA
2012.4115 - 246.UNI
Berita - Technologi © 2012-09-11 : 02:15:14 (4239 hari 16:29:35 lalu)
The Power to be your best ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita
KRONOLOGIS KARYA » PERIKSA DAN AMANKAN AKUN FACEBOOK ANDA ± Berita - Technologi © uni. Posted : 2012-09-11 : 02:15:14 (4239 hari 16:29:35 lalu) HITS : 2754 lyrict-lagu-pilihan-lama Shang Yin (Overdose) Anynomous (4034) kumpulan puisi mutiarasukma0
RESENSI : Masalah itu muncul lagi, akun Facebook beberapa teman kembali dikerjain orang usil. Masalah klasik yang selalu saja berulang. Saya tidak tahu mau memulainya darimana, takut sok tahu juga masalah beginian. Namun mungkin bisa dishare sedikit sejauh yang saya tahu, siapa tahu ada yang bisa nambahin lagi nantinya. Untuk sampai pada kesimpulan, mengapa Facebook kita diusilin mungkin masing-masing orang memiliki jawaban yang berbeda-beda. Namun ada beberapa hal yang dapat saya catat sepanjang menggunakan Facebook.
Masalah itu muncul lagi, akun Facebook beberapa teman kembali dikerjain orang usil. Masalah klasik yang selalu saja berulang. Saya tidak tahu mau memulainya darimana, takut sok tahu juga masalah beginian. Namun mungkin bisa dishare sedikit sejauh yang saya tahu, siapa tahu ada yang bisa nambahin lagi nantinya.

Untuk sampai pada kesimpulan, mengapa Facebook kita diusilin mungkin masing-masing orang memiliki jawaban yang berbeda-beda. Namun ada beberapa hal yang dapat saya catat sepanjang menggunakan Facebook.

Masalah Spammer dan Phishing

Yang paling sering ngerjain para pengguna adalah ulah spammer dan phishing. Entah mengapa, mungkin karena pesan sponsornya sangat menggiurkan.

Untuk mengetahui apa itu spammer dan phishing anda bisa membaca penjelasan ilmiahnya melalui Wikipedia maupun Facebook sendiri. Secara mudah spammer dapat diartikan sebagai pesan yang tidak diinginkan, bisa melalaui email, chatting atau jenis messenger lainnya, spammer biasanya mengirimkan pesan yang menarik perhatian disertai tautan atau link.

Tautan ini akan diarahkan pada sebuah halaman palsu, clickjacking atau bisa juga menyebabkan pengguna mendownload sebuah script, software atau sejenisnya yang disisipi virus, spyware, malware atau yang lainnya yang tentunya dapat membahayakan sistem, data dan keamanan komputer.

Tautan untuk menuju halaman palsu dapat dinamakan phishing. Pesan atau tautan ini biasanya berupa iklan yang mendorong anda untuk melihat suatu video atau produk atau hal yang lain yang memang sengaja untuk membuat pengguna tergiur untuk klik.

Oleh karena itu sering diingatkan think before you click, seperti tulisan saya yang berjudul "Hindari Penipuan: Berpikir dan Periksa Dulu Sebelum Anda Klik!" pada tulisan tersebut saya memberikan tips sederhana agar anda berhati-hati sebelum klik sebuah tautan aneh yang belum diketahui sebelumnya.

Misalnya saja untuk Facebook, anda harus paham benar bahwa semua tautan Facebook selalu memiliki format url www.facebook.com. Kadang alamat ini dikamuflase mejadi wwwfacebook.com, www-facebook.com, securefacebook.com dan lain sebagainya. Begitu juga dengan situs-situs bank online yang sering dipakai sebagai sasaran penipuan lainnya. Apabila anda mendapat link atau tautan aneh tersebut janganlah anda klik.

Untuk menentukan benar tidaknya, dekatkan pointer mouse pada tautan tersebut lalu lihat alamatnya di pojok kanan bawah atau kiri browser. Atau anda dapat klik kanan tautan tersebut, kemudian pilih copy link. Pastekan pada notepad untuk memeriksa url nya.

Atau ada juga cara lain untuk memeriksa semua url atau ip melalui http://www.surbl.org/surbl-analysis, pada alamat ini surbl akan memeriksa apakah tautan tersebut berbahaya atau tidak.
Sebagai contoh, coba dekatkan pointer mouse pada link ini http://www.facebook.com/duitgratis lalu lihat alamat sebenarnya di pojok kiri/kanan bawah browser anda.

Tergiur Aplikasi atau Layanan Page Berbahaya di Facebook

Banyak pengguna Facebook kadang tidak menyadari ketika sebuah aplikasi Facebook ditawarkan untuk dipasang pada profile atau fan page pengguna. Sebelum aplikasi dipasang, biasanya pengguna diberikan peringatan untuk menyetujui apakah informasi akun Facebooknya diijinkan untuk dibaca oleh pihak ketiga yaitu pemilik aplikasi itu sendiri. Kadang pengguna tidak menyadarinya, tanpa membaca dengan detil, langsung saja mengizinkan informasinya diambil begitu saja.

Untuk layanan page palsu, katakan saja pada halaman page ini http://www.facebook.com/pages/ACCOUNT-RECOVERY-INFORMATION/114521065297290. Sepintas terlihat seperti page resmi Facebook. Di dalamnya menyediakan beberapa link yang menggoda, seolah-olah pemilik page dapat membantu pengguna Facebook untuk mengatasi masalah akun mereka. Pada page ini terdapat tautan yang berbahaya. Untung saja beberapa diantaranya sudah diblokir oleh Facebook yang bekerjasama dengan www.surbl.org.

Settingan Akun Facebook Kurang Aman

Beberapa teman sering bertanya apa gunanya memverifikasi no HP atau security question melalui Facebook. Rupanya banyak dari mereka tidak peduli tentang hal ini, padahal pada saat memiliki masalah dengan akun Facebook, justru informasi ini sangat penting untuk merecovery akun Facebook.

Saya berikan satu contoh saja bagaimana seseorang dapat mengambil alih akun kita secara sederhana (mencobanya menjadi resiko anda sendiri).

1.Ketika si usil ingin ngerjain temannya, secara sederhana dia menyusupi beberapa akun Facebook pada akun yang ditargetkan.

2.Atau dengan cara lain, si usil tersebut membuat akun baru dengan nama yang kurang lebih sama dengan akun target untuk melakukan tindakan berikutnya.

3.Setelah semua disiapkan, dia lalu memilih fasilitas recovery akun melalui https://www.facebook.com/recover.php

4.Setelah informasi akun target yang diminta dimasukan (misalnya alamat facebook atau email), si usil akan mengakui bahwa itulah akun dia yang akan direcovery.

5.Tahap berikutnya si usil sebenarnya dapat mengajukan permohonan reset password, namun dia sadar bahwa email dan no hp yang dipasang adalah bukan miliknya.Oleh karena itu dia akan memilih link No longer have access to these?

6.Setelah link tersebut dipilih, si usil akan memasukan alamat email baru yang sudah dipersiapkannya.

7.Setelah alamat email dimasukan, ada dua kemungkinan yang akan dipilihnya. Pertama memasukan security question atau memilih pemulihan password melalui tiga orang teman yang dikenalnya (langkah 1) atau berpura-pura menjadi pemilik akun asli (langkah 2) dengan memilih beberapa teman pemilik akun asli secara acak.

8.Kalau pilihan memasukan security question, maka si usil akan mencatat terlebih dahulu sebelum bertindak lebih lanjut. Dia akan melakukan survey informasi terkait pemilik akun yang asli. Misalnya untuk mengetahui dimana kota kelahiran pemilik akun asli, si usil dapat mencarinya melalui blog, timeline atau sumber informasi lainnya tentang pemilik akun asli. Setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, si usil akan mengulangi langkah-langkah diatas sekali lagi hingga bisa menembus security question yang ada.

9.Kalau pilihannya adalah mencari 3 orang teman yang dikenal, maka si usil akan berusaha mencari nama 3 akun yang disusupinya. Kalau tidak menemukan (Facebook biasanya mengacak nama yang dipilih) maka dia akan memilih secara acak beberapa akun lain kemudian menghubungi mereka dengan menggunakan akun palsu pada langkah ke 2 di atas. Apabila semua infromasi didapatnya maka si usil siap menunggu konfirmasi berikutnya.

10.Untuk langkah 8 atau 9, biasanya Facebook memberikan waktu 24 jam agar dapat mengakses akun target. Apabila selama 24 jam pemilik akun asli tidak menyadarinya maka dapat dipastikan si usil dapat mengakses akunya dengan aman. Perlu diingat semua proses di atas tidak memberikan notifikasi kepada pengguna asli termasuk melalui email.

Dari beberapa penjelasan di atas, mungkin ada dapat menarik kesimpulan sendiri, seberapa pentingnya sebuah security question. Apabila anda memang menyadarinya dan telah membuatnya, pertanyaan berikutnya apakah security question tersebut dapat dengan mudah dicari oleh orang lain? Oleh sebab itu sebaiknya security question dibuat sedemikian rupa agar tidak mudah diketahui. Misalnya, apakah makanan kesukaan anda? berikan jawaban batu; kursi; atau jawaban lain yang tidak mudah terpikirkan oleh orang lain.

Untuk membatalkan apa yang dilakukan oleh si usil tersebut, pertanyaanya apakah pengguna asli kembali mengakses Facebook-nya kurang dari 24 atau lebih? Kalau saja kurang dari 24 jam, maka pengguna asli dapat membatalkan semua proses yang dilakukan oleh si usil. Namun apabila lebih dari 24 jam maka salah satu tautan penyelamat adalah http://www.facebook.com/hacked , melalui tautan ini anda dapat memberitahukan Facebook tentang akun anda yang diambil alih orang lain.

Biasanya Facebook akan meminta anda memasukan password lama yang sebelumnya anda gunakan. Perlu diingat semua sejarah password yang pernah anda pakai masih tersimpan dalam database Facebook. Dengan pilihan ini anda akan dituntun untuk mengambil ulang facebook anda dan dalam proses tersebut Facebook anda akan dilock.

Untuk melaporkan akun anda yang telah dirubah si usil, anda juga dapat mengisi form di:
-http://www.facebook.com/help/contact/?id=226112224139901 atau di
-https://www.facebook.com/login/identify?ctx=328029570569950

Langkah Pengamanan

Untuk langkah pengamanan tambahan selain beberapa catatan diatas sebaiknya anda mengamankan akun Facebook anda dengan beberapa langkah pengaman berikut ini:

1.Update security akun anda melalui link ini http://www.facebook.com/update_security_info.php masukan password anda sekali lagi lalu tambahkan perubahan yang ada hingga akun anda berstatus high protection (di sebelah kanan atass ditujukan dengan indikator warna hijau)

2.Amankan email yang digunakan untuk akun Facebook anda, email ini sangat penting sekali untuk me-recovery masalah akun anda, karena Facebook masih menyimpan semua history penggunaan Facebook melalui email anda tersebut walaupun pada saat ini Facebook anda telah diganti dengan alamat email si usil bin jahil. Oleh sebab itu gunakan juga cara pengamanan email dengan menggunakan security question dan pemulihan password melalui HP.

3.Gunakan secure browsing https untuk membuka Facebook anda. Aktifkan Account>Account Security>Security, Secure Browsing.

4.Hidupkan Notifikasi Login agar anda dapat mengetahui akun anda digunakan melalui divice/perangkat yang berbeda. Untuk menghidupkannya anda cukup klik tautan ini Security Settings (Account>Account Security>Security). Pilih Login Notifications(edit), berikan tanda check pada jenis notifikasi yang diinginkan. Anda dapat memilih memilih text messenger namun anda perlu ferivikasi no HP anda terlebih dahulu. Setelah anda memberi tanda check, klik save untuk mengakhiri.

5.Kalau masih merasa kurang, aktifkan Login Approvals. Langkah ini adalah fitur keamanan yang mirip dengan Login Pemberitahuan, tetapi dengan langkah keamanan tambahan. Dengan Persetujuan Login, setiap kali anda mencoba mengakses akun Facebook anda dari perangkat yang belum diakui (contoh: komputer atau ponsel anda yang belum ditandai dan disimpan ke akun Facebook), anda harus memasukkan kode keamanan yang dikirim Facebookk ke ponsel Anda. Untuk menghidupkannya silahkan pilih Security Settings page (Account>Account Security>Security), klik Login Approvals(edit), berikan tanda check pada pilihan yang ada, kemudian save.

6.Langkah pengamanan lainnya, pergunakan email dan Facebook anda dengan aman apalagi menggunakan layanan publik internet seperti di warnet atau menggunakan wi-fi gratisan.

7.Buatlah password dengan kombinasi, hurup besar dan hurup kecil, angka dan beberapa karakter khusus. Misalnya Akun***Saya2012. Simpan informasi akun anda dengan baik jangan dibagikan kepada orang lain.

Semoga berguna


Share


Jawa Tengah, 2012-09-11 : 02:15:14
Salam Hormat
Metamorfosis Anggrek Jingga

Metamorfosis Anggrek Jingga mulai gabung sejak tepatnya Kamis, 2012-03-29 19:12:53. Metamorfosis Anggrek Jingga mempunyai motto
Filsafat : 10 Karya
Puisi : 42 Karya
Berita : 18 Karya
Total : 70 Karya Tulis


DAFTAR KARYA TULIS Metamorfosis Anggrek Jingga


Isi Komentar PERIKSA DAN AMANKAN AKUN FACEBOOK ANDA 4115
Nama / NameEmail
Komentar / Comment
BACK




ATAU berikan Komentar mu untuk karya PERIKSA DAN AMANKAN AKUN FACEBOOK ANDA 4115 di Facebook



Terimakasih
KASTIL CINTA KU ,



CORNER KASTIL CINTAKU Mutiara Sukma
Hari ini adalah hari baru dalam kehidupanku. Aku berjanji akan memulai tahun ini dengan semangat perjuangan yang baru.
MIS Mutiara Sukma : Dian Tandri | Suryantie | Ade Suryani | Arum Banjar Sarie | Ambar Wati Suci | Chintia Nur Cahyanti