Improving Quality Of Life

Visitor 15.948

Hits 202

Online 4

KATALOG KARYA
2012.4185 - 64.MIS
Berita - Ekonomi © 2012-10-15 : 13:30:58 (4210 hari -06:45:05 lalu)
The Power to be your best ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita
KRONOLOGIS KARYA » BUDIDAYA JAMUR KUPING YU...? ± Berita - Ekonomi © MIS. Posted : 2012-10-15 : 13:30:58 (4210 hari -06:45:05 lalu) HITS : 4118 lyrict-lagu-pilihan-lama Shi Bu Shi Zhe Yang De Ye Wan Ni Cai Hui Zhe Yang De Xiang Qi Wo Zhang Zhi Cheng (296999) kumpulan puisi mutiarasukma0
RESENSI : Jamur Kuping tidak hanya nikmat untuk pelengkap berbagai masakan tapi juga mampu meningkatkan kesehatan tubuh dalam beberapa hal.
Jamur kuping (Auricularia auricula) merupakan kelompok jelly fungi yang memiliki prospek bisnis sangat bagus didasarkan pada permintaan pasar domestik maupun pasar internasional masih cukup tinggi dengan harga dipasaran lebih mahal dibandingkan jamur tiram dan jamur merang.
Budidaya jamur kuping cukup mudah dan cocok untuk usaha skala rumah tangga dengan konsumen rumah tangga atau pelaku bisnis kuliner yang memanfaatkan jamur kuping sebagai bahan utamanya.
Untuk memenuhi pasar ekspor jamur kuping dapat diringkan agar jamur kuping bisa bertahan lebih lama, yaitu kurang lebih selama 1 tahun. Jadi selama proses pengiriman berlangsung, kualitas jamur kuping tidak menurun.
Jamur kuping adalah jamur yang sering tumbuh di media kayu yang basah dan lembab. Bisa juga di pohon yang sudah mati. jamur kuping Oleh karena itu, rasa jamur ini sangat tergantung dari jenis kayu tempat tumbuhnya. Jamur Kuping yang tumbuh dari Kayu Randu adalah Jamur Kuping yang diakui memiliki rasa yang lebih lezat.
Cara budidaya jamur kuping cukup mudah dan tidak terlalu menyita waktu, sehingga bisa dilakukan sambil melaksanakan kegiatan yang lain. jamur ini dapat tumbuh hutan, di pantai, hingga di pegunungan yang tinggi yang penting lembab.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan media yang akan digunakan untuk menanam jamur kuping. Dan pada saat ini jamur kuping dapat tumbuh pada media bubuk kayu limbah penggergajian.
Budidaya jamur kuping pada media serbuk kayu lebih diminati dengan alasan lebih mudah dalam menanam jamurnya, waktu memberi vitamin atau semacam pupuk pada media. Selain itu masa tanamnya juga lebih singkat dibanding dengan jika menggunakan media kayu. Namun bila menghendaki rasa dan kualitas yang jauh lebih baik maka gunakan media kayu. Jamur yang dihasilkan melalui media kayu memiliki nilai harga jual yang jauh lebih tinggi.
Cara budidaya jamur kuping
Serbuk kayu yang sudah dibersihkan lalu dimasukan ke dalam plastik atau polybag. Kalau menggunakan kayu tinggal dibersihkan saja. Setelah itu ditempatkan pada ruang khusus untuk pengembangbiakan jamur kuping. Bila tidak ada ruang bisa membuat sendiri dari bambu atau kayu yang di atasnya diberi agar di dalam tidak terlalu panas dan selalu terjaga kelembabannya. Setelah media untuk menanam jamur sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan bibit yang mau ditanam. Kemudian bibit tersebut dimasukan atau ditanam ke dalam media.
Perawatan Jamur Kuping
Dalam masa pertumbuhannya, jamur kuping tidak memerlukan perawatan khusus. Yang terpenting adalah suhu di dalam ruang harus tetap dingin dan media tanam juga harus dalam keadaan basah terus. Bila media mulai mengering, siramlah dengan air secukupnya. Jamur KupingJangan terlalu banyak, karena akan membuat jamur mudah busuk dan mati. Dalam jangka waktu tertentu, media jamur bisa diberi pupuk yang bisa dibeli di toko-toko pertanian. Cara memberikannya bisa disiramkan langsung atau disuntikan ke dalam media tanam.
Menghindari Hama Pengganggu
Usahkan pintu ruang untuk membudidayakan jamur selalu tertutup. Selain untuk menjaga kelembaban udara, juga untuk menghindari masuknya binatang yang suka merusak tanaman jamur. Misalnya tikus atau semut. Meski tidak terlalu suka dengan jamur, namun tikus suka mengerat media tanam jamur. Demikian pula dengan semut yang suka memilihnya untuk dijadikan kandang. Akibatnya tentu saja jamur gagal mengalami pertumbuhan dan mati. Demikian pula dengan kecoak atau bekicot yang suka tinggal di tampat yang gelap.
Masa Panen
Bila bisa tumbuh secara normal dan bagus, ketika memasuki usia tiga bulan, maka jamur kuping yang ditanam di sebuk kayu sudah mulai bisa dipanen. Namun bila menggunakan media kayu, masa panennya membutuhkan waktu sekitar lima bulan. Untuk orang luar negeri, terutama di Jepang dan Korea serta Hongkong, kebanyakan lebih suka jamur yang ditanam di kayu dari pada diserbuk.

Share


Jawa, 2012-10-15 : 13:30:58
Salam Hormat
MIS Mutiara Sukma

MIS Mutiara Sukma mulai gabung sejak tepatnya Minggu, 2011-04-24 21:23:51. MIS Mutiara Sukma dilahirkan di Bandung mempunyai motto Jadikan diri sebagai haadiah bagi kebaikan untuk sesama.
Berita : 242 Karya
Resensi : 30 Karya
Opini : 33 Karya
Puisi : 81 Karya
Cerita Pendek : 6 Karya
Sejarah : 2 Karya
Cerita Bersambung : 3 Karya
Laporan : 15 Karya
Prosa : 3 Karya
Biografi : 12 Karya
Wacana : 2 Karya
Filsafat : 48 Karya
Kisah Nyata khusus Privacy : 4 Karya
Pantun : 1 Karya
: 4 Karya
Lyrict : 1 Karya
Surat dari Hati : 68 Karya
Kisah Nyata non Privacy : 1 Karya
Total : 556 Karya Tulis


DAFTAR KARYA TULIS MIS Mutiara Sukma


Isi Komentar BUDIDAYA JAMUR KUPING YU...? 4185
Nama / NameEmail
Komentar / Comment
BACK




ATAU berikan Komentar mu untuk karya BUDIDAYA JAMUR KUPING YU...? 4185 di Facebook



Terimakasih
KASTIL CINTA KU ,



CORNER KASTIL CINTAKU Mutiara Sukma
Tidak ada kesulitan yang dilewati, tidak akan ada pula kesuksesan luar biasa yang dimiliki.
MIS Mutiara Sukma : Dian Tandri | Suryantie | Ade Suryani | Arum Banjar Sarie | Ambar Wati Suci | Chintia Nur Cahyanti