Improving Quality Of Life

Visitor 14.941

Hits 12

Online 7

KATALOG KARYA
2013.4265 - 134.FAD
Berita - Alam © 2013-02-02 : 18:35:58 (4073 hari -18:24:13 lalu)
The Power to be your best ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita
KRONOLOGIS KARYA » PULAU BONERATE “SARANG” KAPAL TANGGUH DI SISI SELATAN PULAU TANADOANG ± Berita - Alam © fadly. Posted : 2013-02-02 : 18:35:58 (4073 hari -18:24:13 lalu) HITS : 2552 lyrict-lagu-pilihan-lama () Editor
RESENSI : Dikenal sebagai pelaut ulung dan tangguh. Itulah predikat yang hingga kini masih terus melekat di kalangan pelaut asal selat Makassar, Sulawesi-Selatan dan sekitarnya. Salah satu diantaranya, pelaut asal Pulau Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar.
Dikenal sebagai pelaut ulung dan tangguh. Itulah predikat yang hingga kini masih terus melekat di kalangan pelaut asal selat Makassar, Sulawesi-Selatan dan sekitarnya. Salah satu diantaranya, pelaut asal Pulau Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar.
Mereka adalah sekumpulan pelaut yang dikenal piawai di dalam membangun rancang kapal dan bermain di atas gelombang laut yang tak jarang disertai angin kencang pada saat berhembusnya musim barat, serta musim je’ne kebo.
Kapal yang mereka bangun pun tergolong tangguh dan tahan dari hantaman badai gelombang. Disamping, sang nakhoda dan awak kapal yang memang dikenal berani membelah samudera nusantara di saat cuaca ekstrem.
Laut berbusa dan badai angin kencang, bukanlah sebuah langkah penghalang yang berarti, bagi para pelaut ulung asal Pulau Bonerate untuk tetap menarik tambang di dermaga tempatnya melabuhkan kapal.
Saat layar telah terkembang, berbekal keberanian, dan keyakinan kepada Yang Maha Kuasa, “perlahan tapi pasti”, kapal mulai di arahkan menuju kota tujuan dengan tetap memegang teguh prinsip, “sekali layar terkembang, pantang biduk surut ke pantai”.
Motto ini mengandung makna, lebih baik tenggelam di lautan dari pada harus kembali ke pantai tanpa membawa hasil. Tak heran, bila pada era perdagangan masa lampau, banyak saudagar dari luar daerah Kabupaten Kepulauan Selayar yang sengaja menyewa perahu buatan masyarakat Pulau Bonerate untuk mengangkut komoditas kopra ke Surabaya.
Mengingat pada masa itu, kota Surabaya dikenal sebagai pusat hasil bumi terbesar di bumi pertiwi Indonesia. Keberanian menjejali kota Surabaya dengan mengandalkan perahu atau kapal layar merupakan simbol dari status keberadaan Provinsi Sulawesi-Selatan sebagai tanah yang dulunya, pernah menjadi sarang pengarung samudera yang menguasai lautan nusantara.
Simbol ini sekaligus merupakan refleksi nyata yang mencerminkan keberanian rakyat Sulsel di dalam mengarungi samudera luas yang penuh bahaya dan sangat berdekatan dengan maut.
Sekali lagi, bahwa generasi Sulsel adalah orang-orang yang disegani sebagai keturunan para pelaut ulung serta penerus budaya petualang Austronesia. Mereka, kelompok generasi yang telah banyak meminum air tanah tempat lahirnya para pelaut ulung wajib memegang erat janji suci. (fadly syarif)

Share


Sulawesi-Selatan, 2013-02-02 : 18:35:58
Salam Hormat
Fadly Sang Jurnalis

Fadly Sang Jurnalis mulai gabung sejak tepatnya Senin, 2011-10-03 12:12:28. Fadly Sang Jurnalis dilahirkan di Bulukumba mempunyai motto MERAH PUTIH JIWA RAGA KU
Berita : 85 Karya
Puisi : 8 Karya
Laporan : 2 Karya
Cerita Bersambung : 4 Karya
Total : 99 Karya Tulis


DAFTAR KARYA TULIS Fadly Sang Jurnalis


Isi Komentar Pulau Bonerate “Sarang” Kapal Tangguh Di Sisi Selatan Pulau Tanadoang 4265
Nama / NameEmail
Komentar / Comment
BACK




ATAU berikan Komentar mu untuk karya Pulau Bonerate “Sarang” Kapal Tangguh Di Sisi Selatan Pulau Tanadoang 4265 di Facebook



Terimakasih
KASTIL CINTA KU ,



CORNER KASTIL CINTAKU Mutiara Sukma

MIS Mutiara Sukma : Dian Tandri | Suryantie | Ade Suryani | Arum Banjar Sarie | Ambar Wati Suci | Chintia Nur Cahyanti