Improving Quality Of Life

Visitor 15.722

Hits 1762

Online 4

KATALOG KARYA
2013.4311 - 16.AYU
Berita - Inspirasi © 2013-04-18 : 09:32:13 (4018 hari 08:49:59 lalu)
The Power to be your best ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita
KRONOLOGIS KARYA » APATISME ± Berita - Inspirasi © Ayu. Posted : 2013-04-18 : 09:32:13 (4018 hari 08:49:59 lalu) HITS : 1481 lyrict-lagu-pilihan-lama () Editor
RESENSI : Tak ada lagi rasa iba. Tak ada lagi kasih dan sayang. Yang ada adalah diri sendiri
Sebuah video mengejutkan muncul di India yang menunjukkan orang-orang mengabaikan permintaan tolong seorang ayah yang putus asa karena istri dan anak perempuannya tewas di pinggir jalan karena kecelakaan.

Rekaman CCTV yang muncul Senin lalu memperlihatkan seorang ayah memegangi anak laki-lakinya yang terluka dekat motornya yang terbalik dan meminta tolong pada pengendara motor lain sementara istri dan anak perempuannya yang berusia 8 bulan terbaring berdarah-darah di jalanan.


Menurut polisi, ayah itu diabaikan selama 40 menit di dalam terowongan yang baru dibangun di Jaipur, 250 km barat daya ibu kota, yang ramai dilewati oleh mobil-mobil, bus-bus, dan motor.


"Kegagalan seperti ini sangat, sangat umum terjadi di jalanan," kata Mridul Bhasin yang bekerja untuk kelompok keamanan jalan Muskaan.


"Ini sering terjadi setiap hari, setiap menit di negara kami. Orang meninggal dan kami pura-pura tak melihat dan pergi ke tempat tujuan," kata Bhasin pada saluran TV kabel CNN-IBN.


Tabloid harian The Mail Today menerbitkan headline "India yang kejam melewati korban kecelakaan," sementara koran The Hindu menyebut insiden ini "menghidupkan apatisme warga sipil".


"Ini adalah tugas semua orang untuk membawa korban ke rumah sakit karena nyawa mereka bisa diselamatkan," kata kepala polisi Jaipur, Lata Manoj, dalam wawancara televisi.


Pegawai gerbang tol melihat keluarga yang sedang naas ini dan menelepon polisi yang kemudian datang ke lokasi dan memindahkan sang ibu serta anak perempuanya ke rumah sakit di Jaipur.


Dr D.S. Meena yang menangani unit gawat darurat rumah sakit SMS mengatakan kedua korban sudah meninggal sebelum tiba di rumah sakit. "Situasi mereka bisa selamat jika mendapat bantuan medis tepat waktu," ujar dia. Ayah dan anak laki-lakinya yang menderita luka ringan kemudian boleh melakukan rawat jalan.


Kecelakaan ini juga menyoroti aturan lalu lintas yang sering dilanggar -- motor ini membawa empat orang tanpa helm dan berjalan di terowongan meski ada larangan buat kendaraan roda dua.


Keluarga ini terjatuh setelah motor mereka bertabrakan dengan truk yang terus berjalan, kata polisi.


Menggunakan rekaman CCTV yang menunjukkan plat mobil, polisi kini tengah memburu si pengendara truk. Prabhu Dayal, paman si ibu yang meninggal, menyalahkan kematian keponakannya pada apatisme publik.


"Suaminya meminta tolong selama 40 menit tapi tak ada yang berhenti. Begitu memalukan bagaimana apatisme memakan dua korban tewas," katanya pada AFP.


Situasi ini mirip dengan insiden serupa di Cina. Pada 2011, seorang balita di provinsi Zhejiang ditabrak oleh dua mobil dan terbaring sekarang di pinggir jalan sementara ada 18 orang berjalan melewatinya.


Apatisme publik juga menjadi sorotan pada bulan Desember ketika korban pemerkosaan bergiliran berusia 23 tahun juga diacuhkan oleh orang lewat setelah ia ditelanjangi dan dibuang di pinggiran jalan New Delhi.


Banyak yang menyalahkan polisi sebagai sumber kecuekan ini, karena orang yang berhenti untuk menolong sering diseret ke dalam masalah hukum, bahkan terlibat dalam kejahatan.


"Setelah pemerkosaan itu, kamu melakukan survey online tentang kenapa orang tak mau membantu korban kekerasan atau kecelakaan," kata Apurva Mahendra dari yayasan SaveLIFE di Delhi yang mendorong orang untuk membantu korban kekerasan.


"Kami melihat masalah hukum seperti harus muncul di pengadilan sebagai saksi adalah penghalang utama orang-orang untuk maju dan membantu," kata Mahendra, yang mengepalai program reaksi cepat yayasan tersebut.


Total ada 131.834 orang yang meninggal karena kecelakaan di jalan raya di India pada 2011, artinya 15 per orang, menurut Biro Catatan Kriminal Nasional.

Oleh Adam Plowright | AFP News

Share


Jl. Ry Kopo 34, 2013-04-18 : 09:32:13
Salam Hormat
Ayu Lestari Dwi

Ayu Lestari Dwi mulai gabung sejak tepatnya Minggu, 2010-11-28 08:09:24. Ayu Lestari Dwi mempunyai motto Jika kita enggan melakukan hal yang kecil manamungkin kita dapat melakukan tugas yang besar
Berita : 156 Karya
Puisi : 81 Karya
Novel : 2 Karya
Cerita Pendek : 3 Karya
Lyrict : 6 Karya
Filsafat : 19 Karya
Cerita Bersambung : 1 Karya
Laporan : 3 Karya
Opini : 10 Karya
Surat dari Hati : 79 Karya
Sejarah : 2 Karya
Sajak : 1 Karya
Biografi : 3 Karya
Pantun : 2 Karya
Resensi : 6 Karya
Surat Cinta : 2 Karya
Total : 376 Karya Tulis


DAFTAR KARYA TULIS Ayu Lestari Dwi


Isi Komentar APATISME 4311
Nama / NameEmail
Komentar / Comment
BACK




ATAU berikan Komentar mu untuk karya APATISME 4311 di Facebook



Terimakasih
KASTIL CINTA KU ,



CORNER KASTIL CINTAKU Mutiara Sukma
Permulaan yang baik adalah langkah mantap mencapai tujuan dan sukses. Menetapkan goal yang baru di awal tahun dengan penuh keyakinan, kepercayaan, dan semangat baru serta menerima segala tantangan di masa mendatang. Segala impianku pasti akan jadi kenyataan tahun ini.
MIS Mutiara Sukma : Dian Tandri | Suryantie | Ade Suryani | Arum Banjar Sarie | Ambar Wati Suci | Chintia Nur Cahyanti