Improving Quality Of Life

Visitor 14.925

Hits 319

Online 6

KATALOG KARYA
2014.4409 - 6.AJE
Berita - Technologi © 2014-04-20 : 00:43:55 (3630 hari 16:38:05 lalu)
The Power to be your best ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita
KRONOLOGIS KARYA » MUTIARAWIKI - ENSIKLOPEDIA MUTIARA SUKMA ± Berita - Technologi © Ajeng. Posted : 2014-04-20 : 00:43:55 (3630 hari 16:38:05 lalu) HITS : 1822 lyrict-lagu-pilihan-lama Bahasa Kalbu Titi Dj (283370) kumpulan puisi mutiarasukma0
RESENSI : Ensiklopedia Mutiara Sukma berbasis WIKIPEDIA
Ensiklopedia atau “Encyclopaedia” berasal dari bahasa Yunani (Greek) yaitu egkuklios yang artinya siklus (cyclon, all round) dan paedia yaitu education, knowledge (pengetahuan, widya). Oleh karena itu Ensiklopedia, dapat didefinisikan sebagai ringkasan uraian ilmu pengetahuan.

Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Ensiklopedia difdefinikan sebagai karya universal yang menghimpun uraian tentang berbagai cabang ilmu atau bidang ilmu tertentu dalam artikel-artikel terpisah dan tersusun menurut abjad (pengetahuan luas) sedanagkan menurut Kamus Pelajar Bahasa Malaysia maka Ensiklopedia diartikan sebagai keterangan ringkas dan tepat tentang berbagai ilmu pengetahuan yang disusun menurut abjad atau memuat cabang ilmu. Sementara itu, dalam The Pocket Oxford Dictionary mendefinikan Encyclopaedia sebagai book or set of books giving information onmany subjects, or many aspects of one subject (of knowledge or information/comperehensive).

Oleh karena itu, Ensiklopedia merupakan salah satu kelompok buku referensi selain dari kamus (dictionary), consice, companion, dll. Secara umum Buku Referensi sering lebih dikenal dengan perkataan “ Buku Rujukan”. Ada juga yang menyebutnya dengan Buku Panduan, Buku Acuan, Alat Bantu Cepat (Quick Help). Perbedaan Ensiklopedia dengan Kamus, ialah bahwa Kamus hanya semata-mata mengandung arti kata kaitannya dengan kebahasaan, sedangkan Ensiklopedia lebih luas kandungannya dimana ia memuat: artikel/topic, mengurai, mendefenisikan dan merangkai arti suatu artikel dari awal hingga akhir, baik penemuan suatu ilmu pengetahuan maupun peristiwa-peristiwa penting.

Ensiklopedia dibagi dalam dua kategori, yaitu :

  • Ensiklopedia Umum (General Encyclopaedia) merupakan Ensiklopedia yang memuat secara umum semua disiplin ilmu didalamnya. Misalnya “Encyclopaedia Britannica edisi 2010”, 32 Jilid memuat semua disiplin ilmu dan semua peristiwa penting di dunia (dari A sampai Z)

  • Ensiklopedia Khusus (Specialist Encyclopaedia), yaitu Ensiklopedia yang memuat disiplin ilmu/cabang ilmu tertentu atau bidang tertentu. Misalnya “Ensiklopedia Geografi”, “Ensiklopedia Sejarah dan Budaya”, “Ensiklopedia IPA” (bidang IPA), “Ensiklopedia IPTEK” (bidang IPA), “Ensiklopedia Sains dan Teknologi” (bidang IPA), “Ensiklopedia Jakarta” (Tematis atau Historis Kronologis).


Muatan Ensiklopedia harus disusun dengan proses yang sangat panjang dan memakan waktu lama, karena memerlukan suatu ketelitian yang sangat mendasar dan mendalam. Selain bahan-bahannya/artikel-artikel ditulis oleh beberapa konstributor yang pakar di bidangnya, juga harus diedit oleh editor yang handal. Kenapa demikian ? Karena dari segi isi, bahwa muatan Ensiklopedia harus akurat datanya, dipercaya, harfiah, dapat dipertanggung jawabkan dan merupakan akhir dari suatu jawaban untuk memecahkan masalah bagi pengguna.

Ciri-ciri Ensiklopedia :
- Adanya artikel/topic, sub topic
- Adanya defenisi artikel/topic dan diikuti penjelasan umum
- Adanya rujuk silang (cross reference) atau futher more, see also, running index, dll
- Adanya paragraft, illustrasi, gambar, grafik, table time line
- Disusun dan disajikan secara sistematis alfabetis (A – Z), atau Tematis, Historis-Kronologis
- Adanya indeks
- Adanya tambahan “Faktaneka”, yaitu Aneka Fakta Ilmu Pengetahuan
- Adanya petunjuk penggunaan (How to Use)


Ensiklopedia bukanlah buku teks pelengkap atau buku pegangan bagi pelajar sebagaimana biasanya yang banyak digunakan oleh pelajar sesuai syllabus/kurikulum pendidikan. Tidak semua pelajar, mahasiswa terpelajar, terbiasa dengan menggunakan ensiklopedia. Oleh karena itu, seorang Konsultan Pembelajaran Handal harus tahu menjelaskan bagaimana cara menggunakan suatu Ensiklopedia secara baik dan tepat agar dapat digunakan dan cepat mendapatkan informasi yang diharapkan. Itulah sebabnya Ensiklopedia disebut dengan “Alat Bantu Cepat” (Quick Help).


Share


Jl. Ry Ciwidey No 77, 2014-04-20 : 00:43:55
Salam Hormat
Ajeng

Ajeng mulai gabung sejak tepatnya , 2008-07-01 00:00:00. Ajeng dilahirkan di Bandung mempunyai motto Jangan pernah mengabaikan hal yang kecil
Berita : 25 Karya
Cerita Pendek : 1 Karya
Puisi : 20 Karya
Sajak : 1 Karya
: 1 Karya
Opini : 2 Karya
Biografi : 2 Karya
Surat dari Hati : 15 Karya
Filsafat : 1 Karya
Kisah Nyata non Privacy : 1 Karya
Resensi : 2 Karya
Surat Cinta : 2 Karya
Total : 73 Karya Tulis


DAFTAR KARYA TULIS Ajeng


Isi Komentar MUTIARAWIKI - ENSIKLOPEDIA MUTIARA SUKMA 4409
Nama / NameEmail
Komentar / Comment
BACK




ATAU berikan Komentar mu untuk karya MUTIARAWIKI - ENSIKLOPEDIA MUTIARA SUKMA 4409 di Facebook



Terimakasih
KASTIL CINTA KU ,



CORNER KASTIL CINTAKU Mutiara Sukma
Orang sukses terus bekerja sebelum orang lain berhenti
MIS Mutiara Sukma : Dian Tandri | Suryantie | Ade Suryani | Arum Banjar Sarie | Ambar Wati Suci | Chintia Nur Cahyanti