KATALOG KARYA TULIS PERBEDAAN USIA DALAM PERNIKAHAN No : 2013.4327 Berita - Inspirasi © 2013-05-08 : 14:51:15 (3177 hari -00:12:56 lalu)
KRONOLOGIS KARYA : Jumlah perolehan HITS 1598 Mutiara Sukma Portal Karya Seni dan Sastra Jumlah Komentar : 0 Komentator Pengiring Inspirasi : lyrict-lagu-pilihan-lama () Status Karya Tulis : Editor Publish
Share
>


SOUNDTRACK
Selamat SiangThe Power to be your best
ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita
Lagu () merupakan lagu pilihan MIS 5 Mutiara Sukma Arum Banjar Sarie Utomo dipersembahkan dengan inspirasi : Kemarin telah menjadi sejarah untuk menjadi acuan hari ini dan esok. Jangan lupakan sebab menjadi pelajaran.. Buka mata buka hati Satukan hati dan pikiran. Kastil Cinta Ku [MEMBANGUN CINTA MOMENT : 2022-01-16 06:06:29] RESENSI KARYA TULIS :
PERBEDAAN USIA DALAM PERNIKAHAN (Arum Banjar Sarie Utomo,2013).-- tak ada ketentuan pasti mengenai berapa tahun perbedaan ideal usia suami-istri agar tidak terjadi kesenjangan pola pikir dan komunikasi dalam pernikahan. Manusia memang tidak pernah mengetahui siapa jodohnya namun bukan alasan juga hingga seseorang terpaksa menikah dengan perbedaan usia yang terpaut begitu jauh. Seperti pernikahan yang terjadi di Afrika apapun alasannya. Dimana pernikahan di Afrika ini merupakan pernikah dengan jeda usia terjauh yakni sang pengantin pria Sanele Masilela masih berusia 8 tahun, sedangkan pengantin wanita Helen Shabangum berusia 61 tahun. telah mengikat janji pernikahan di Tshwane, Afrika Selatan.
Pernikahan ini telah mengejutkan warga di Tshwane. Namun, pihak keluarga menjelaskan bahwa pernikahan ini hanya ritual semata dan tidak mengikat secara hukum bagi kedua belah pihak. Ibu dari Sanele mengatakan bahwa :"Ini adalah pertama kalinya terjadi dalam keluarga kami. Pernikahan ini adalah amanat dari kakeknya yang meminta Sanele menikah sebelum dirinya meninggal. Kemudian Sanele memilih Helen karena dia mencintainya,”ungkap sang ibu seperti dilansir dari Mirror.
Dalam pernikahan, usia tua muda itu relatif. Ada suami yang lebih tua dari istrinya, tapi semangatnya selalu muda. Juga ada istri dengan kemudaan usianya lebih dewasa cara berpikirnya daripada suaminya yang jauh di atas usianya
Pernikahan beda usia yang jaraknya relatif terpaut jauh, adakalanya dipandang sebagai pemicu persoalan, menjadi penyebab perselisihan dalam rumah tangga. Perbedaan persepsi antargenerasi ketika menyikapi suatu hal sehingga tidak ketemu titik temu yang melahirkan ketidakharmonisan. Benarkah? Tak ada hitungan baku dalam urusan cinta dan pernikahan. Usia tidak selalu berbanding lurus dengan tingkat kedewasaan seseorang. Ada orang muda berpikiran dewasa. Sebaliknya, ada orang tua berpikiran tidak dewasa.
Psikolog Efnie Indriani menjelaskan bahwa dari segi fisik dan psikis, pernikahan beda usia jauh memang rentan menimbulkan berbagai masalah. Jika sudah demikian, sikap saling menerima pasangan menjadi kunci utama.
Sebagian orang beranggapan, idealnya suami lebih tua dari istri. Beberapa menyebutkan, idealnya suami berusia lima tahun atau tujuh tahun lebih tua dari istri. Namun kenyataannya, tak ada ketentuan pasti mengenai berapa tahun perbedaan ideal usia suami-istri agar tidak terjadi kesenjangan pola pikir dan komunikasi dalam pernikahan.
Efnie menjelaskan, dalam pernikahan beda usia jauh, yang lebih diutamakan adalah faktor kesejahteraan mental. Ketika seseorang berkomitmen, perbedaan usia jauh tidak akan menjadi masalah. Karena keduanya sudah merasa nyaman dan cocok.
“Tak ada batasan usia dalam perspektif psikologi. Tetapi intinya yang paling penting, apakah dua individu yang berkomitmen ini bisa mentolerir perbedaan yang signifikan. Kalau secara mental itu dia nyaman, ya tidak masalah,” tutur Efnie
Kenapa masih ada anggapan bahwa calon suami sebaiknya lebih tua dari calon istri, kata Efnie, karena budaya kita sendiri yang masih paternalistik dimana laki-laki dianggap pemimpin. “Dan budaya ini sendiri masih melekat dalam susunan kehidupan sosial kita. Laki-laki mempunyai tanggung jawab yang lebih besar, tidak boleh mengeluh, stres, apalagi menangis. Sehingga akan lebih efektif kalau laki-laki yang lebih tua. Kalau soal kesiapan menikah, ada baiknya menikah setelah umur 22 tahun karena di usia ini kontrol emosi sudah terbentuk.”





Indonesia,
Manajemen Mutiara Sukma
Arum Banjar Sarie Utomo mulai gabung sejak 4046 hari 02:35:01 lalu tepatnya 2010-12-21 12:03:18. Arum Banjar Sarie Utomo mempunyai motto Mulailah dari apa yang bisa kamu lakukan