KATALOG KARYA TULIS STOP STYROFOAM No : 2013.4350 Berita - Technologi © 2013-08-16 : 05:35:29 (2991 hari 16:31:24 lalu)
KRONOLOGIS KARYA : Jumlah perolehan HITS 2386 Mutiara Sukma Portal Karya Seni dan Sastra Jumlah Komentar : 0 Komentator Pengiring Inspirasi : lyrict-lagu-pilihan-lama Jerat Harvey Malaiholo (258438) Status Karya Tulis : Editor Publish
Share
>


SOUNDTRACK
Selamat MalamThe Power to be your best
ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita
Lagu JERAT HARVEY MALAIHOLO (258438) merupakan lagu pilihan MIS 6 Mutiara Sukma Chyntia Nur Cahyanti dipersembahkan dengan inspirasi : aku melihat pepohonan menghijau juga mawar berwarna merah yang tengah mekar seakan dipersembahkan untukku dan kamu lalu aku berpikir bahwa sesungguhnya dunia ini begitu indah langit berrwarna biru awan gemawan seputih kapas hari yang cerah penuh berkah warna-warna pelangi sangat cantik di langit juga pancaran wajah-wajah . Buka mata buka hati Satukan hati dan pikiran. Kastil Cinta Ku [MEMBANGUN CINTA MOMENT : 2021-10-20 16:50:53] RESENSI KARYA TULIS :
STOP STYROFOAM (Chyntia Nur Cahyanti ,2013).-- Saat Benzene masuk bersama makanan dia akan masuk ke sel-sel darah dan akan merusak sumsum tulang belakang. Akibatnya produksi sel darah merah menurun, sistem imun menurun, menyebabkan gangguan menstruasi pada wanita, dan menyebabkan kanker payudara dan kelenjar prostat. Styrofoam atau plastik busa merupakan salah satu jenis plastik dari sekian banyak bahan lainnya. Styrofoam lazim digunakan sebagal bahan pelindung dan penahan getaran barang-barang yang fragile, seperti elektronik.

Namun, saat ini bahan tersebut juga banyak digunakan sebagai bahan pengemas makanan dan minuman.

Bahan dasar styrofoam adalah polistiren, suatu jenis plastik yang sangat ringan, kaku, tembus cahaya, dan murah. Namun, bahan tersebut cepat rapuh. Karena kelemahannya tersebut polistiren dicampur seng dan senyawa butadien.

Hal ini menyebabkan polistiren kehilangan sifat jernihnya dan berubah warna menjadi putih susu. Kemudian untuk kelenturannya, ditambahkan zat plasticier seperti dioktilptalat (DOP), butil hidroksi toluena, atau n butyl stearat.

Plastik busa yang mudah terurai menjadi struktur sel-sel kecil merupakan hasil proses peniupan dengan menggunakan gas chlorofluorocarbon (CFC). Hasilnya adalah bentuk seperti yang kita pergunakan saat ini.

Pemakaian styrofoam sebagai wadah makanan menimbulkan kekhawatiran dan protes dari berbagai pihak. Berdasarkan berbagai penelitian yang dilakukan sejak tahun 1930-an, diketahui bahwa stiren, bahan dasarstyrofoam, bersifat mutagenik (mampu mengubah gen) dan potensial karsinogen (merangsang sel kanker).

Demikian pula butadien sebagai bahan penguat maupun DOP atau BHT sebagai plasticiser-nya.

Bahan-bahan tersebut, khususnya stiren, larut dalam air, lemak, alkohol, maupun asam. Semakin lama waktu pendadahan dan semakin tinggi suhu, semakin besar pula migrasi atau perpindahan bahan-bahan yang bersifat toksik tersebut ke makanan atan minuman. Apalagi bila makanan atau minuman itu banyak mengandung lemak atau minyak.

Memang toksisitas yang ditimbulkan tidak langsung tampak. Sifatnya akumulatif dan dalam jangka panjang baru timbul akibatnya.

Sementara itu, CFC sebagai bahan peniup pada pembuatan styrofoam merupakan gas yang tidak beracun dan mudah terbakar serta sangat stabil. Begitu stabilnya, gas ini baru bisa terurai sekitar 65-130 tahun!

Gas ini akan melayang di udara mencapai lapisan ozon di atmosfer dan akan terjadi reaksi dan menjebol lapisan pelindung bumi. Akibat jebolnya lapisan ozon, akan timbul efek rumah kaca. Suhu bumi meningkat, sinar ultraviolet matahari akan terus menembus bumi, sehiugga menimbulkan kanker kulit.

Riset terkini DOP menyimpan zat benzen yaitu suatu larutan kimia yang sulit dilumat oleh sistem pencernaan. Benzene ini juga tidak dapat dikeluarkan melalui feces (kotoran) atau urine (air seni). Akibatnya zat ini menumpuk terbalut lemak. Inilah yang memacu timbulnya penyakit kanker.

Benzene dapat menimbulkan masalah pada tyroid, mengganggu system syaraf menyebabkan kelelahan, mempercepat detak jantung, sulit tidur, badan menjadi gemetaran, mudah gelisah, bahkan dapat menyebabkan hilang kesadaran dan kematian.

Saat Benzene masuk bersama makanan dia akan masuk ke sel-sel darah dan akan merusak sumsum tulang belakang. Akibatnya produksi sel darah merah menurun, sistem imun menurun, menyebabkan gangguan menstruasi pada wanita, dan menyebabkan kanker payudara dan kelenjar prostat.





Indonesia,
Manajemen Mutiara Sukma
Chyntia Nur Cahyanti mulai gabung sejak 4520 hari 09:06:44 lalu tepatnya 2009-06-09 13:00:09. Chyntia Nur Cahyanti mempunyai motto Sulit dan Rumit untuk meraih sukses sebelum FOKUS