KATALOG KARYA TULIS BI DORONG PEMBIAYAAN UMKM MELALUI PENYEDIAAN LENDING MODEL No : 2013.4388 Berita - Ekonomi © 2013-12-05 : 19:13:29 (2880 hari 02:45:49 lalu)
KRONOLOGIS KARYA : Jumlah perolehan HITS 1355 Mutiara Sukma Portal Karya Seni dan Sastra Jumlah Komentar : 0 Komentator Pengiring Inspirasi : lyrict-lagu-pilihan-lama () Status Karya Tulis : Editor Publish
Share
>


SOUNDTRACK
Selamat MalamThe Power to be your best
ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita
Lagu () merupakan lagu pilihan MIS 6 Mutiara Sukma Chyntia Nur Cahyanti dipersembahkan dengan inspirasi : aku melihat pepohonan menghijau juga mawar berwarna merah yang tengah mekar seakan dipersembahkan untukku dan kamu lalu aku berpikir bahwa sesungguhnya dunia ini begitu indah langit berrwarna biru awan gemawan seputih kapas hari yang cerah penuh berkah warna-warna pelangi sangat cantik di langit juga pancaran wajah-wajah . Buka mata buka hati Satukan hati dan pikiran. Kastil Cinta Ku [MEMBANGUN CINTA MOMENT : 2021-10-20 16:50:53] RESENSI KARYA TULIS :
BI DORONG PEMBIAYAAN UMKM MELALUI PENYEDIAAN LENDING MODEL (Chyntia Nur Cahyanti ,2013).-- Delapan Sektor Riil UMKM mendapat prioritas Bank Indonesia dalam penyaluran kredit kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Upaya ini vital untuk dilakukan mengingat pentingnya peran UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional. UMKM menyumbang 57,8% dari GDP Nasional dan menyerap 97,7% tenaga kerja serta merupakan komponen terbesar (99,9%) dari total unit usaha di Indonesia Sumber : http://www.bi.go.id/web/id/Ruang+Media/Berita/BI+Dorong+Pembiayaan+UMKM+Melalui+Penyediaan+Lending+Model.htm Bank Indonesia terus mendorong penyaluran kredit kepada Usaha Mikro, Kecil ffdan Menengah (UMKM). Upaya ini vital untuk dilakukan mengingat pentingnya peran UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional. UMKM menyumbang 57,8% dari GDP Nasional dan menyerap 97,7% tenaga kerja serta merupakan komponen terbesar (99,9%) dari total unit usaha di Indonesia.

Namun demikian, kendala yang dihadapi UMKM Indonesia cukup berat baik dari sisi pembiayaan maupun sisi pengembangan usaha. Dari sisi pembiayaan, masih banyak pelaku UMKM yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses kredit dari bank, baik karena kendala teknis, misalnya tidak mempunyai/tidak cukup agunan, maupun kendala non teknis, misalnya keterbatasan akses informasi ke perbankan. Sampai dengan posisi triwulan III-2013, pangsa kredit UMKM tercatat sebesar Rp619,3 triliun atau 19,11% total kredit perbankan yang sebesar Rp3.240,6 triliun. Dari sisi pengembangan usaha, pelaku UMKM masih memiliki keterbatasan informasi mengenai pola pembiayaan untuk komoditas tertentu. Di sisi lain, ternyata perbankan juga membutuhkan informasi tentang komoditas yang potensial untuk dibiayai.

Untuk itu, dalam rangka menyediakan rujukan bagi perbankan untuk meningkatkan pembiayaan terhadap UMKM serta menyediakan informasi dan pengetahuan bagi UMKM yang bermaksud mengembangkan usahanya, Bank Indonesia telah menyusun dan menyediakan informasi pola pembiayaan untuk komoditi potensial tersebut dalam bentuk model/pola pembiayaan komoditas (Lending Model).

Sebagai informasi, saat ini terdapat Pola Pembiayaan Usaha Kecil (PPUK) terbaru untuk 8 (delapan) komoditas yang dilaksanakan oleh Departemen Pengembangan Akses Keuangan dan UMKM (DPAU) dan Kantor Perwakilan BI Dalam Negeri pada tahun 2012. Berikut adalah laporan lengkap dari penelitian dimaksud:

    1. Budidaya Buah Manggis

    2. Pengembangbiakan Sapi Pedaging

    3. Pengolahan Teripang

    4. Pengolahan Ikan Lele

    5. Pengolahan Tepung MOCAF (Modified Cassava Flour)

    6. Pengolahan Keripik Buah

    7. Pembenihan Ikan Nila

    8. Pembenihan Ikan Kerapu






Indonesia,
Manajemen Mutiara Sukma
Chyntia Nur Cahyanti mulai gabung sejak 4520 hari 08:59:09 lalu tepatnya 2009-06-09 13:00:09. Chyntia Nur Cahyanti mempunyai motto Sulit dan Rumit untuk meraih sukses sebelum FOKUS